Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desa Wisata Brayut;Tempat Belajar Budaya Dan Tradisi Masyarakat Yogyakarta

Yogyakarta memang sangat terkenal dengan adat budayanya yang menarik untuk Sobat eksplore,banyak kegiatan masyarakat desa yang menjadi daya tarik untuk dipelajari,sehingga Sobat bisa merasakan kehidupan di desa.

Bagi Sobat yang ingin belajar tentang budaya dan keseharian masyarakat pedesaan yang ada di Yogyakarta bisa berkunjung ke Desa Wisata Brayut.

Desa Wisata Brayut merupakan tempat wisata dan budaya lokal dengan menawarkan pemandangan persawahan yang hijau dengan aktivitas dan keramahan masyarakat lokal Desa Brayut.

Pengunjung akan menjumpai aktivitas warga seperti bertani menanam padi,membajak sawah,memelihara hewan dan juga kegiatan masyarakat membuat kerajinan dan memasak makanan tradisional,Sobat bisa belajar dan mengikuti aktivitas masyarakat di sana. 

Desa Wisata Brayut Sleman
Desawisatabrayut

 Alamat Desa Wisata Brayut

Desa Wisata Brayut ini berada di daerah Brayut,Pendowoharjo,Kecamatan Sleman,Kabupaten Sleman,Jogjakarta.

Tempat wisata Brayut ini berada di kota Yogyakarta bagian utara dekat dengan wisata Kaliurang,jika dari pusat kota Yogyakarta berjarak sekitar 15 Km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jam Buka Desa Wisata Brayut

Desa Wisata Brayut ini buka hari senin sampai hari Jum'at mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 21.00 Wib.

Dan untuk hari Sabtu dan Minggu Desa Wisata Brayut ini tidak menerima tamu masuk,kecuali tamu yang menginap sebelumnya.

Rute Menuju Desa Wisata Brayut

Bagi Sobat yang ingin berkunjung ke Desa Wisata Brayut bisa melalui beberapa jalur,Sobat bisa melalui Jl Magelang.

Ikuti terus Jl Magelang hingga Sobat menemukan perempatan dan belok ke kanan menuju Jl Gito Gati hingga Sobat menemukan perempatan dan belok ke kiri.

Kemudian setelah menemukan perempatan lagi beloklah ke kirimenuju Jl Noto Sukardjo,nah dari sini tidak jauh lagi akan sampai Desa Wisata Brayut yang Sobat tuju.

Brayut
Desawisatabrayut

Fasilitas Desa Wisata Brayut

Berbicara tentang fasilitas umum yang ada di Desa Wisata Brayut Sleman ini cukup lengkap antara lain:
*Lokasi parkir aman.
*Banyak homestay
*Masjid
*Toko Cindera mata
*Dan juga banyak tempat belajar tentang kesenian lokal.

Banyak kegiatan menarik yang bisa Sobat lakukan di Desa Wisata Brayut Jogjakarta ini mulai dari belajar menari,belajar membatik,belajar memasak secara tradisional,dan juga Sobat bisa melakukan kegiatan game tradisional.

Kegiatan Wisata Di Desa Wisata Brayut.

Di Desa Wisata Brayut ini menawarkan beberapa paket wisata yang bisa Sobat pilih antara lain:

*Pelatihan Pertanian

Pengunjung akan diajak belajar tentang pengolahan sawah dengan membajak secara tradisional dan juga cara menanam padi.

Kegiatan ini akan sangat menyenangkan,Sobat bisa kotor-kotoran di area persawahan sambil menanam padi,Untuk paket wisata pelatihan pertanian ini dikenakan tarif Rp 8.000 per orang.

*Belajar Menari

Sobat akan di ajak untuk belajar tarian tradisional,Sobat juga akan mempelajari tentang jenis-jenis tarian tradisional Jawa serta cara menari yang benar.

Untuk bisa mengikuti belajar menari ini Sobat akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 8.000 saja per orang.

*Belajar Gamelan

Selain belajar menari,Sobat juga bisa belajar karawitan dan juga belajar tentang jenis-jenis gamelan jawa,Sobat pasti akan merasa senang belajar gamelan hingga bisa memainkan gamelan Jawa.

Untuk bisa belajar tentant gamelan dan karawitan ini Sobat akan dikenakan biaya Rp 8.000 saja untuk setiap orang.

*Permainan Tradisional

Sobat juga bisa mencoba beberapa permainan tradisional jaman dahulu,yang mungkin anak sekarang belum tentu mengetahui tentang berbagai jenis permaianan tradisional Jawa yang sangat menarik.

Permainan Tradisional ini akan sangat menyenangkan,apalagi bagi anak-anak pasti akan sangat terhibur dengan permainan tradisional yang ada di Desa Wisata Brayut.Untuk biayanya juga sangat murah,Pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 saja per orang.

*Memasak Tradisional

Bagi Sobat yang ingin belajar tentang makanan khas Jawa dan juga cara memasaknya,juga bisa belajar di Desa Wisata Brayut Yogyakarta ini.

Kegiatan memasak secara tradisional ini biasanya sangat disukai bagi pengunjung dari luar kota Jawa,dan bahkan banyak wisatawan asing yang belajar tentang cara memasak makanan tradisional Jawa seperti membuat pepes,membuat cemplon,membuat bakpia dan juga banyak lainnya.

Untuk biaya paket belajar memasak tradisional di Desa Wisata Brayut ini juga sangat terjangkau,Sobat hanya dikenakan tarif sebesar Rp 8.000 saja.

Selain paket wisata di atas juga masih banyak paket wisata yang bisa Sobat lakukan di Desa Wisata Brayut Sleman, Yogyakarta ini.

desa wisata brayut
Desawisatabrayut
Desa Wisata Brayut Jogja ini memang menjadi unggula di daerah Sleman Yogyakarta,karena selain paket wisatanya yang lengkap,tentunya masyarakat lokal di Desa Wisata Brayut sangat ramah dan murah senyum.

Selalu sabar mengajari para pengunjung untuk melakukan aktivitas kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat lokal.

Yang tak kalah menarik lagi,di Desa Wisata Brayut ini berada di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 243 m dari permukaan laut,sehingga udaranya sangat sejuk,dilengkapi dengan pemandangan indah pegunungan dan perssawahan,membuat suasana desa yang asri.

Nah keren kan Sob Desa Wisata Brayut Jogjakarta ini,Semoga informasi tentang Desa Wisata Brayut ini bisa bermanfaat,dan tentunya bisa Sobat jadikan referensi tujuan wisata di Yogyakarta untuk mengenal tentang budaya dan kearifan lokal.


Posting Komentar untuk "Desa Wisata Brayut;Tempat Belajar Budaya Dan Tradisi Masyarakat Yogyakarta"