Cari Blog Ini

5 daftar makanan khas Gunungkidul yang wajib dicoba

PantainyaJogja.com kali ini akan berbagi informasi tentang makanan khas yang ada di daerah Gunungkidul Jogjakarta,setiap daerah pasti mempunyai sesuatu yang khas yang tempat lain tidak ada.

Seperti yang ada di Daerah Gunungkidul Jogjakarta,selain tempat wisata yang khas berupa beberapa pantai nan cantik dan menawan ternyata di Gunungkidul juga mempunyai makanan khas yang juga uenak dan tempat lain tak kan ditemukan

Inilah 5 daftar makanan khas yang wajib sobat tau dan wajib di cicipi saat berkunjung ke Gunungkidul,

1.Thiwul

Thiwul merupakan makanan pokok masyarakat gunungkidul jaman dahulu,karena di Gunungkidul sangat banyak singkong yang merupakan bahan pokok dari thiwul.

Setelah berkembangnya jaman sekarang petani sudah banyak yang menanam padi sehingga thiwul tergeser posisinya menjadi makanan yang dianak tiri kan.

Namun saat ini mulai banyak peminatnya lagi karena thiwul di buat dengan berbagai olahan yang lezat seperti thiwul manis,thiwul keju dll,jadi thiwul mulai digemari lagi bahkan banyak wisatawan yang berburu thiwul karena rasanya yang enak.
2.Gatot

Gatot tiwul biasanya orang menyebut dan berfikiran bahwa gatot tiwul adalah 1 makanan namun sebenarnya gatot dan tiwul adalah berbeda namun tetap sama berasal dari 1 bahan pokok yaitu singkong.

Gatot merupakan makanan yang terbuat dari singkong/gaplek yang sudah lama dan di rendam sehingga menjadi empuk,setelah direndam proses selanjutnya adalah di kukus dan biasanya di hidangkan dengan campuran parutan kelapa agar menjadi lebih gurih.

3.Pathilo/patholo

Pathilo atau patolo juga makanan khas Gunungkidul yag terbuat dari singkong yang di parut dan diambil sarinya atau patinya sehingga namanya pathilo karena dibuat dari pati singkok.

Proses membuat pathilo sangatlah rumit karena harus membuat pati dulu dan harus mencetak agar menjadi patilo yang mempunyai rasa gurih.

4.Manggleng/krecek

Manggleng/krecek adalah sebutan kripik singkong yang sangat populer di kalangan masyarakat Gunungkidul karena cemilan ini sangatlah gurih cocok buat cemilan teman minum teh.

Manggleng biasa di buat oleh masyarakat Gunungkidul ketika panen singkong karena manggleng bisa diawetkan sampai berbulan bulan sebelum di goreng,sekarang banyak masyarakat yang menjual manggleng dengan berbagai rasa sehingga banyak peminatnya.

5.Belalang Goreng
Baca juga:5 daftar gudeg jogja paling terkenal
Belalang goreng sekarang mulai banyak peminatnya bahkan sampai kwalahan untuk mencukupi permintaan konsumen,namun sebelum banyak yang tau orang orang di luar Gunungkidul melihat walang goreng justru malah jijik dan merasa aneh.

Tetapi nyatanya setelah orang orang diluaran sana mencoba akhirnya menjadu ketagihan karena rasanya yang cukup unik dan punya sensasi yang berbeda.

Kini belalang juga menjadi salah satu makanan khas Gunungkidul yang banyak di cari bahkan harganya cukup mahal saat belalang sudah mulai habis musimnya.

Itulah makanan khas Gunungkidul yang wajib sobat coba,karena belum mencoba pasti penasaran,setelah mencoba pasti ketagihan,hehe semoga menjadi pilihan oleh oleh jikalau berkunjung ke daerah Gunungkidul,Jogjakarta.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 daftar makanan khas Gunungkidul yang wajib dicoba"

Posting Komentar