Cari Blog Ini

5 Daftar candi di Jogjakarta yang sangat eksotis wajib kita kunjungi

Jogjakarta selain sebagai kota pelajar karena banyaknya universitas terkemuka yang ada ternyata Jogjakarta juga merupakan kota wisata yang sangat diminati wisatawan.

Ada beberapa destinasi wisata yang sangat terkenal yang menjadi suatu keistimewaan yang belum tentu ada di kota kota lain,seperti wisata dalam kota yang meliputi taman kota,malioboro,kebun binatang dan banyak wahana wahana permainan yang lain.

Selain destinasi wisata dalam kota ternyata juga banyak wisata pantai populer yang ada di Jogjakarta terutama di Kabupaten Gunungkidul yang banyak sekali tempat tempat wisata pantai eksotis yang wajib kalian kunjungi.

Di Jogjakarta juga banyak sekali bangunan bangunan bersejarah seperti candi candi yang ada di seputaran kota Jogjakarta,Betikut ini PantainyaJogja.com akan memberikan informasi tentang candi di Jogjakarta yang sangat eksotis dan terkenal yang wajib sobat kunjungi.

Sebenarnya ada banyak sekali peninggalan bersejarah yang berupa candi yang ada di seputaran Jogjakarta,kami akan berbagi 5 daftar candi yang eksotis dan terkenal di seputaran Jogjakarta.

1.Candi Borobudur



Candi borobudur berada di wilayah Desa Borobudur,kecamatan Borobudur kabupaten Magelang.
Candi borobudur merupakan salah satu peninggalan sejarah agama budha.Candi borobudur didirikan oleh penganut agama Budha Mahayana pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Tetapi berdasarkan prasasti Kayumwungan 26 Mei 824, bahwa Candi Borobudur didirikan oleh Raja Samaratungga pada abad ke-8 hingga ke-9.

Candi Borobudur merupakan candi atau kuil Budha terbesar di dunia.Candi Borobudur juga merupakan salah satu monumen Budha terbesar di dunia.Candi Borobudur terdiri atas 6 teras yang berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar. Terdapat 2672 panel relief dan 504 arca.

Untuk bisa masuk ke candi borobudur kita harus menyiapkan biaya sbb:

Pelajar atau Anak Kecil di Indonesia Rp. 12.000,-
Orang Dewasa Indonesia Rp. 30.000,-
Pelajar atau Anak Kecil Luar Negeri USD 10$
Orang Dewasa Luar Negeri USD 20$
Harga tersebut bisa berubah ubah sesuai dengan keputusan pemerintah dan pengelola.

2.Candi Prambanan



Candi Prambanan terletak di Desa Prambanan yang secara administratif terbagi menjadi dua wilayah yaitu Kabupaten Sleman DIY dan Kabupaten Klaten Jateng,candi prambanan sangat mudah di temukan karena hanya berada di tepi jalan raya Jogja-Solo.

Lebih tepat Candi Prambanan berada di koordinat 7°45′8″S 110°29′30″E atau di Google Maps bisa dilihat di -7.752222, 110.491667.

Candi Prambanan disebut juga Candi Rorojongrang karena terkait oleh sebuah legenda yang konon diyakini oleh sebagaian masyarakat jawa.

Legenda tersebut menceritakan tentang Bandung Bondowoso yang jatuh cinta kepada seorang putri yang bernama Rara Jongrang. Karena sang putri tidak kuasa untuk menolak cintanya maka sang putri memberikan syarat yaitu membuat candi dengan jumlah 1.000 arca dalam waktu semalam.

Permintaan Roro Jongrang tersebut disanggupi dan hampir terpenuhi oleh bandung bondowoso sampai akhirnya Roro Jongrang meminta bantuan warga desa untuk menumbuk padi agar memacing ayam agar berkokok yang menandakan hari sudah pagi.

Tetapi Bandung Bondowoso tahu kalau dicurangi yang pada waktu itu sudah menyelesaikan 999 arca, yang selanjutnya mengutuk Roro Jongrang menjadi arca yang ke 1.000.

Untuk harga tiket masuknya adalah:
Dewasa Rp. 30.000,-
Anak-Anak Rp. 12.500,-

Wisatawan Asing
Dewasa $18

Anak-Anak $9

Untuk Jam operasional atau jam buka masuk candi prambanan ini dibuka mulai dari pukul 06.00 sampai dengan 17.00 WIB.

3.candi Ijo



Candi Ijo terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini berada lereng barat sebuah bukit yang jauh dari keramaian di kawasan barat Yogyakarta, di selatan Candi Ratu Baka.

Dataran tempat kompleks candi itu berada luasnya sekitar 0,8 hektar, namun diperkirakan bahwa sesungguhnya kompleks Candi Ijo jauh lebih luas dari lahan yang sudah dibebaskan pemerintah tersebut.

Dugaan itu didasarkan pada kenyataan bahwa ketika lereng bukit Candi Ijo di sebelah timur dan sebelah utara ditambang oleh penduduk, masih banyak ditemukan artefak yang mempunyai kaitan dengan candi ijo.
Candi ijo ini berlatar belakang agama Hindu yang diperkirakan dibangun sekitar abad 10.

Di tengah ruangan candi Ijo terdapat lingga yang disangga oleh makhluk seperti ular berkepala kura-kura. Makhluk yang berasal dari mitos Hindu ini melambangkan penyangga bumi.

Dengan demikian, pusat candi merupakan garis sumbu bumi. Penyatuan lingga dan yoni melambangkan kesatuan yang terpisahkan antara Brahma, Wisnu dan Syiwa.

Untuk bisa menikmati keindahan candi Ijo sobat hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp 5000 saja,kalian juga bisa menikmati sunset disana,karena lokasi candi berada diatas bukit.

4.Candi Ratu Boko



Lokasi Candi Ratu Boko tak jauh dari Candi Prambanan. Alamatnya di Jalan Solo kilometer 17, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Dari pertigaan Prambanan belok ke kanan dan kurang lebih tiga kilometer dari situ adalah kompleks Candi Ratu Boko.

Indonesia punya sejarah panjang, banyak bukti mengenai itu. Mulai dari jaman kerajaan-kerajaan hindu dan budha sampai jaman kemerdekaan. Banyak sisa-sisa kejayaan masa lalu yang bisa kita lihat sampai saat ini. Candi ini merupakan peninggalan masa lalu yang masuk dalam situs warisan cagar budaya. Sangat berkaitan erat dengan Candi Borobudur dan Candi Prambanan, meskipun ketenarannya memang masih unggul kedua candi tersebut. Namun, banyak keunikan yang tersimpan dari situs peninggalan sejarah ini.

Untuk mengunjungi wisata candi Ratu Boko kalian harus membayar tiket sebagai berikut;
Wisatawan Lokal dewasa Rp 40.000
Anak-anak Rp 20.000
Wisatawan Asing $ 25
Harga tersebut bisa berubah ubah sesuai keputusan pemerintah setempat.

5.Candi Sambisari



Candi Sambisari adalah candi Hindu (Siwa) yang berada di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, kira-kira 12 km di sebelah timur kota Yogyakarta ke arah kota Solo atau kira-kira 4 km sebelum kompleks Candi Prambanan dengan Koordinat 7°45′45″LS 110°26′49″BT / 7,7625°LS 110,4469°BT.

Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan raja Rakai Garung pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Candi Sambisari terdiri dari kompleks candi induk dan 3 candi pewara atau candi pendamping dengan dikelilingi pagar batu 2 lapis. Untuk memasuki area candi terdapat 4 pintu masuk. Sepintas lihat Candi Sambisari menyerupai kastil batu yang terletak di tengah taman.

Harga Tiket masuk Candi Sambisari Yogyakarta cukup murah karena hanya Rp5.000 saja.
Untuk Jam Operasional Candi Sambisari Yogyakarta dibuka setiap hari kecuali hari Minggu tutup, mulai pukul 07.00-17.00 WIB.
sedikit informasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat,salam pariwisata



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Daftar candi di Jogjakarta yang sangat eksotis wajib kita kunjungi"

Posting Komentar