Cari Blog Ini

Goa Jomblang Gunungkidul_Menikmati Indahnya Cahaya Surga Dari Dalam Goa

Lokasi dasar gua cahaya Surga oleh @ mulan1199
Di Kabupaten Gunungkidul Jogjakarta selain tempat wisata alam yang sangat terkenal, banyak juga tempat wisata Goa yang harus dikunjungi karena memiliki eksotisme yang luar biasa yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Goa yang satu ini adalah Goa Jomblang Gunungkidul, Selain Goa pindul yang terlebih dulu terkenal, ada lagi yang sangat eksotis dan menarik banyak wisatawan untuk pergi ke sana, yaitu Goa Jomblang yang berada di wilayah Jetis wetan, kelurahan Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta.

Goa Jomblang Gunungkidul asal mula terbentuknya dari proses geologi dengan amblesnya permukaan tanah dan proses vegetasi pada ribuan tahun yang lalu hingga sekarang menjadi hutan dengan jenis tumbuhan yang unik dan berbeda dari hutan yang lain di Gunungkidul,sehingga hutan lindung ini disebut hutan Purba.

Sebenarnya Goa Jomblang Gunungkidul ini memiliki cerita sejarah yang sangat kelam, karena konon ceritanya Goa Jomblang merupakan untuk tempat pembunuhan masal anggota PKI pada tahun 1970-1980,sehingga banyak cerita mistis yang ada di Goa Jomblang, namun dengan berjalannya waktu Goa Jomblang tidak lagi menakutkan, karena kemistisan hilang ditelan waktu dengan adanya penelitian dan kunjungan wisata yang semakin ramai.

Baca juga  Goa Pindul_lokasi cave tubing terkenal di Gunungkidul

Goa Jomblang Gunungkidul pertama kali dijelajahi pada tahun 1984 oleh Acintya Cunyata Speleological Club (ASC) yaitu sebuah kelompok penjelajah goa dari Jogjakarta.

Goa Jomblang memiliki keindahan yang sangat khas dengan pemandangan eksotis stalagmit dengan pancaran sinar matahari yang biasa orang sebut sebagai cahaya Surga.

Jalur menuju Goa Jomblang Gunungkidul adalah:

Jika Sobat mau pergi dan mencoba Wisata ektreem Goa Jomblang, banyak rute yang bisa Sobat tempuh.
Jika Sobat dari Jogjakarta jarak tempuh mrmerlukan waktu sekitar 1,5jam dengan mengikuti jalur menuju gunungkidul dengan melewati bukit berbintang Pathuk Gunungkidul, hingga kota Wonosari baru ambil jalur menuju kecamatan semanu, setelah menemukan Kecamatan Semanu ikutilah jalan menuju desa pacarejo dan dusun Jetis dengan melewati jalan cor blok, hingga akan menemukan ladang warga yang mengarahkan Sobat ke jalur Goa Jomblang.

Berapa harga tiket masuk dan biaya parkir Goa Jomblang?

Untuk biaya masuk goa Jomlang ini tidak dipungut biaya kecuali Sobat akan menuruni Goa dengan fasilitas dan pemandunya maka sobat akan membayar sebesar Rp 400.000, harga yang lumayan mahal karena sebanding dengan fasilitas dan keindahan Goa yang dapat dikunjungi dengan perjuangan perjalanan.

Biaya parkir Goa Jomblang, untuk sepeda motor Rp3000.dan mobil Rp5000.atau kita juga bisa mampir dirumah pak Dukuh yang biasa menjadi tempat transit para pengunjung yang mau eksplor goa Jomblang, Sobat bisa menggunakan fasilitas kamar mandi dan kuliah sepeda bermotor disana, tanpa dipungut biaya , hanya seikhlasnya saja.

Rute untuk masuk Goa Jomblang, ada banyak jalur, jalur pertama adalah jalur yang dapat kita tempuh melewati kedalaman 80 km, kemudian jalur B dengan kedalaman 60 km, untuk jalur yang cukup mudah karena hanya sekitar 40m.


Suasana dalam Goa Jomlang by@cruisetrip.id
Baca juga  Kuliner paket hemat di Gunungkidul, harga super murah Hutama Resto

Setelah sobat turun dari mulut Goa ini Sobat akan menemukan keindahan stalagmit yang besar yang berwarna hijau kecoklatan berdiri tegak ditengah dasar Goa, Sobat juga akan menikmati indahnya pancaran cahaya matahari yang menerangi gua kompilasi siang hari, pelukan yang paling tepat ditunggu tunggu untuk bisa selfi dengan pancaran cahaya yang biasa orang sebut dengan cahaya Surga.

Demikianlah sedikit ulasan tentang goa Jomblang Gunungkidul, semoga menjadi bahan acuan dan pilihan kunjungan wisata Goa diJogja,

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Goa Jomblang Gunungkidul_Menikmati Indahnya Cahaya Surga Dari Dalam Goa"

Posting Komentar