Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Khas Semarang Yang Terkenal Hingga Sekarang

Bagi Sobat yang lagi berada di kota Semarang,mungkin penasaran dan akan mencoba makanan khas Semarang?nah kali ini pantainyajogja akan membahas tentang makanan apa saja yang menjadi ciri khas kota Semarang yang bisa Sobat coba.

Berikut ini 10 rekomendasi makanan khas Semarang yang populer dari dulu hingga sekarang!

Tahu Gimbal

tahu gimbal semarang
tahu gimbsl semarang

Tahu gimbal adalah hidangan khas Semarang yang terdiri dari tahu goreng, sayuran, dan bakwan udang, disajikan dengan kuah kacang. Gimbal serupa dengan bakwan udang, dan biasanya disajikan bersama kerupuk udang. 

Banyak warung yang menjual tahu gimbal di Semarang,salah satunya adalah Warung Pak H Edy yang ada di Jalan Pandanaran,Mugassari,Semarang Jawa Tengah, tempat ini sangat tepat untuk mencicipit  tahu gimbal khas Semarang.Telepon0813-2940-7509.

Lumpia Semarang

lumpia samijaya semarang
Lumpia Semarang

Lumpia Semarang adalah makanan dengan bentuk bundar,yang terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan daging ayam, bawang putih, telur orak-arik, ebi, kecap, sayuran, dan rebung.

Lumpia Semarang memang sangat terkenal dengan rasa yang gurih,apalagi disajikan saat masih anget,cocok sebagai teman ngopi santai.

Sobat bisa menemukan beberapa warung lumpia Semarang yang menyediakan lumpia enak,salah satunya adalah warung lumpia Mbak Lien yang ada di Jl Pemuda,pandansari,Kecamatan Semarang Kota Jawa Tengah. Telepon0816-664-952.

Bandeng presto

bandeng presto semarang
bandeng presto semarang

Bandeng presto adalah hidangan utama berbasis ikan di Semarang yang dibuat dengan teknik presto agar duri bandeng menjadi lunak.

Bandeng presto Semarang memang menjadi makanan khas kota Semarang,karena memang bandeng presto Semarang sangat terkenal lunak dan tentunya sangat gurih.

Sobat bisa menemukan warung bandeng presto di Semarang,salah satunya restoran bandeng presto di Semarang yang terkenal berada di Jl Pandanaran,Randusari,Kecamatan Semarang,Kota Semarang Jawa Tengah.Telepon0811-276-900.

Wingko Babat 

wingko babat semarang
wingko babat semarang

Wingko babat merupakan makanan manis dan gurih yang terbuat dari tepung ketan, gula pasir, telur, dan margarin. Biasanya disajikan sangat masih hangat sangat nikmat.

Wingko babat Semaran sangat terkenal gurih dan cukup lembut dibanding dengan wingko babat yang ada di daerah lain.Wingko babat Semarang dapat ditemukan di sekitar stasiun tawang, terminal, dan toko oleh-oleh di Semarang.

Salah satu tempat belanja oleh-oleh wingko babat khas Semarang adalah wingko babat cap kereta api yang ada di Jl Cendrawasih No.14, Purwodinatan Timur, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.Telepon(024) 3542064

Lontong Spekoek

kue lontong spekoek
kue khas semarang

Spekoek, juga dikenal sebagai lapis legit yang terkenal di Semarang.Lontong spekoek ini adalah kue tradisional dengan lapisan berwarna cokelat dan kuning yang memiliki rasa legit. Variasinya seperti spekoek puding dan lapis coklat.

Jika Sobat berada di kota Semarang,banyak sekali pilihan belanja Lontong Spekoek ini,salah satu tempat yang terkenal adalah toko kue Waiki Lapis Legit yang ada di Jl Senjoyo 2,Bugangan,Kecamatan Semarang timur,kota Semarang Jawa Tengah.Telepon: 0856-4399-6108.

Roti Ganjel Rel 

roti ganjel rel
kue ganjel rel

Roti ganjel rel atau roti gambang adalah roti berbentuk kotak dengan wijen di sekelilingnya, terinspirasi oleh alat musik gambang dan ganjalan rel kereta api,sehingga bentuk roti ini cukup unik.

Roti ganjel rel Semarang ini memang sangat enak,apalagi disajikan dengan kopi atau teh hangat saat bersantai dengan keluarga.

Bagi Sobat yang ingin mencari oleh-oleh roti ganjel rel Semarang ini bisa membelinya di toko oleh-oleh.

Salah satu toko kue yang menjual roti ganjel rel Semarang yang rekomended salah satunya adalah Kue ganjel rel Nyonyah cakery yang ada di Jl. Pandean Lamper III, Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.Telepon0821-3511-2438

Pisang Plenet

pisang plenyet khas semarang
Pisang plenyet Semarang

Pisang plenet adalah makanan khas Semarang yang cukup populer,pisang plenet ini diolah dengan dipanggang hingga gosong dan diberi olesan margarin serta berbagai topping seperti cokelat, meses, selai nanas, atau gula bubuk.

Sobat bisa menikmati pisang plenet ini di beberapa sudut kota Semarang yang menjual aneka makanan ringan,salah satu tempat beli pisang plenet di Semarang adalah Pisang Plenet Pak Yuli yang ada di  Jl. Gajahmada,daerah Kembangsari, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Sego Koyor

sego koyor enak di semarang
Sego koyor

Sego koyor atau nasi koyor ini bukan nasi yang lembek atau sejenis bubur tetapi hanya namanya saja.Nasi konyor atau sego koyor ini merupakan hidangan nasi putih dengan potongan koyor dan lalapan mentimun serta petai goreng yang sangat enak. 

makanan khas dari Semarang, berupa koyor bagian otot atau urat sapi yang dicampur gudeg dan disajikan bersama sambal ini memang sangat diminati.

Salah satu tempat terkenal untuk mencicipi nasi koyor adalah Nasi Koyor Kota Lama yang berada di  jl Gelatik No.7, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tahu Pong

tahu pong semarang
Tahu pong

Tahu pong adalah makanan berupa tahuber bentuk bulat terbuat dari tahu seperti pada umumnya dengan isian yang kopong. Biasanya disajikan bersama gimbal udang dan sambal pedas.

Tahu pong Semarang memang sangat gurih,Sobat bisa menemukan banyak sekali tempat jual tahu pong Semarang. Salah satu tempat menikmati tahu pong ini di tahu pong Gajah Mada Semarang,tepatnya berada di Jl. Gajahmada No.63B, Kembangsari, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Mie kopyok

mie kopyok semarang
mie kopyok

Mie kopyok adalah mie dengan tambahan tetelan daging, tahu, dan kerupuk gendar (kerupuk nasi) yang memiliki rasa renyah.

Mie kopyok memang sangat terkenal di Semarang,bahkan jika datang ke Semarang belum lengkap rasanya jika belum mencoba nasi kopyok khas Semarang.

Salah satu tempat terkenal untuk mencicipi mie kopyok adalah Mie Kopyok Pak Dhuwur yang ada di Jalan Tanjung Nomor 18A, Pandansari, Kecamatan Semarang Tengah.

Makanan khas Semarang lainnya juga masih banyak pilihan yang bisa Sobat temukan di kota Semarang,sehingga jika Sobat lagi berada di Semarang,jangan sampai terlewatkan untuk membeli oleh-oleh makanan khas Semarang Jawa Tengah.

Posting Komentar untuk "Makanan Khas Semarang Yang Terkenal Hingga Sekarang"