Cari Blog Ini

Alun alun Kidul Jogjakarta_sejarah Mitos Masangin yang perlu dicoba.


Alun alun kidul siang hari oleh @ thebestwayisilent
Jogjakarta selain terkenal dengan wisata pantai dan kuliner yang lezat juga memiliki tempat-tempat wisata yang sangat bersejarah dimasa lampau seperti alun alun kidul Jogjakarta.

Alun alun kidul Jogjakarta berada di Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Lokasi yang cukup mudah Sobat temukan, jika mau berkunjung ke Alun alun kidul Jogjakarta, karena berada dipusat kota Jogjakarta.

Alun-alun Kidul ini merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta.Menurut sejarah dan cerita dari para Sejarahwan alun-alun Kidul dibangun pada jaman dulu agar menjadi bagian depan Keraton Jadi tidak membelakangi Laut selatan, karena konon ceritanya Keraton Jogjakarta memiliki hubungan erat dengan Laut Selatan. dibangunlah alun alun selatan jogjakarta.

Selain itu, ada dua pohon yang memiliki sejarah dan mitos tentang pohon beringin yang berjajar ditengah alun-alun tersebut.Konon ceritanya pohon beringin dialun alun kidul Jogjakarta merupakan pintu gerbang menuju Laut Selatan.

Mitos dan cerita yang lain yang sekarang dikenal masyarakat yaitu tentang MASANGIN (menutup mata dan pergi agar bisa meloloskan diri dari pohon ringin yang berjajar) .Mitos ini bermula dari putri Sri Sultan Hamengku Buwono yang akan dipinang oleh seorang pria. Karena Sang Putri tidak mencintainya, Maka dia memberikan syarat untuk bisa melewati pohon beringin dari pendopo dengan cara berjalan dan menutup mata.

Hingga akhirnya Sang pria gagal melakukannya. Sampai akhirnya Sultan memberikan sabdanya barang siapa yang bisa lolos melewati beringin kembar itu adalah pria yang berhati bersih dan tulus. Kemudian Ada pemuda dari Siliwangi yang bisa melewati pohon beringin kembar itu yang hingga kemudian disandingkanlah sang putri dengan pemuda tersebut.

Sampai saat ini permainan atau ritual MASANGIN ini menjadi hal yang unik dan selalu dilakukan oleh pengunjung, setiap pengunjung yang datang pasti akan melakukan kegiatan masangin.Disana juga ada yang menyediakan fasilitas penutup mata yang bisa Sobat sewa dengan harga Rp5000.

Menikmati suasana di alun-alun jogja pada malam hari mungkin akan menjadi hal yang indah untuk bisa kita nikmati bersama teman, keluarga atau dengan pasangan Sobat yang akan membuat suasana terasa lebih Romantis.

Jarak untuk menuju alun-alun kidul jogja dari malioboro sangat dekat hanya sekitar 2km saja, Sobat akan melewati seputaran alun-alun Lor Jogja dan melewati jalan tengah menuju alun-alun kidul, Jika Sobat dari arah kota Solo bisa melewati bonbin berjalan terus sampai ke perempatan gondomanan belok kiri ikutilah jalur dan petunjuk hingga lampu merah nanti Sobat belok kanan.

Jika sobat mau mencari akomodasi mungkin banyak tempat menginap atau hotel berbintang.
Baca juga  Inilah daftar hotel dan penginapan di dekat alun-alun Jogjakarta


Alun alun kidul malam hari oleh @ nadiacahyaap
Di alun-alun kidul selain kita bisa bermain MASANGIN untuk menembus antara pohon beringin, Sobat juga bisa menikmati berbagai macam kuliner yang ada diseputaran alun alun kidul Jogjakarta.

Disana Sobat juga bisa menyewa becak motor yang dihiasi lampu kerlap kerlip dengan bentuk seperti mobil, harga sewa pun juga cukup murah, untuk bisa menaiki wahana ini Sobat akan membayar Rp 30.000 hingga Rp50.000 sesuai hari, biasanya hari libur akan lebih mahal.

Mungkin sedikit informasi ini bisa bermanfaat sebagai pengalaman dan panduan untuk mengunjungi ke alun-alun kidul Jogjakarta.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Alun alun Kidul Jogjakarta_sejarah Mitos Masangin yang perlu dicoba."

Posting Komentar